-- -

Zulkifli Hasan Beberkan Kriteria Pemuda Zaman “Now”

Minggu, 29 Oktober 2017 | 21:56 WIB

Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan memanfaatkan momen acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Masjid Al-Hikmah UNM, Sabtu (28/10/2017) lalu, untuk mengungkapkan bahwa dirinya memiliki sejumlah harapan khusus kepada pemuda zaman sekarang atau yang belakangan ini kerap disebut dengan istilah “zaman now”. Adapun kriteria pemuda zaman now, yaitu harus mampu mempertahankan kedaulatan dan menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju. 

Oleh karena itu, demi mencapai tujuan tersebut, generasi muda harus mempersiapkan diri dari sekarang dan tidak lupa untuk mengasah kemampuan diri. Pemuda zaman now yang dimaksud adalah pemuda yang haus akan ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki daya juang tinggi, dan siap menjadi pemenang di masa mendatang.  

"Untuk menjadi pemuda zaman now yang tangguh, haruslah memiliki akar kebudayaan yang kuat. Kalian harus bangga dengan asal kalian, sehingga kokoh nasionalisme kalian dan memiliki daya juang tinggi," kata Zulkifli kepada 1.500 mahasiswa Universitas Negeri Malang (UNM). 

Namun, kriteria tersebut juga harus ditopang dengan faktor keyakinan. Sebab, kemampuan menjalankan ajaran agama secara baik dan benar dapat membantu membangun bangsa ini secara utuh. 

"Menjalankan agama secara utuh adalah bukti nasionalisme, bukti bahwa kalian adalah pancasilais," ujar Zulkifli. 

Pesan penutup yang disampaikan Zulkifli Hasan adalah para pemuda harus terus mempertahankan persatuan bangsa. Perbedaan bukanlah hal yang patut dipermasalahkan, tetapi justru menjadi hal yang menyatukan seluruh pemuda. 

"Perbedaan suku, agama, dan ras sudah diselesaikan pada 18 Agustus 1945. Kita semua bersaudara apapun latar belakang suku kita. Sekarang waktunya kita merajut kembali Merah Putih dengan mempersiapkan generasi pemuda zaman now yang tangguh." tutur Zulkifli dengan tegas.

Perlu diketahui, kegiatan yang dilakukan di UNM ini merupakan sosialisasi pertama di Indonesia yang dilaksanakan di dalam masjid. Bahkan, acara diawali dengan salat berjamaah yang dipimpin langsung oleh Zulkifli. 

Selain Zulkifli, sosialisasi kali ini juga dihadiri oleh Riza Patria yang merupakan Sekjen IARMI sekaligus anggota DPR RI, Wakil Ketua Badan Legislatif DPR Totok Daryanto, para pengurus IARMI se-Indonesia, dan juga Gamal Albinsaid yang dikenal sebagai dokter muda inspiratif asal Malang. (MMS)


FOKUS MPR
+
Dihadapan delegasi Pondok Pesantren Modern Baitussalam Prambanan, Jawa Tengah, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid mengatakan, para santri memiliki jasa yang sangat besar bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia
Masyarakat Desa Sumoroto, Kecamatan Kauman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, yang biasanya menonton pertunjukan reog, kali ini pada 28 Oktober 2018, mendapat suguhan pagelaran wayang kulit
Sembilan anggota baru MPR dilantik Ketua MPR
Sistem demokrasi liberal yang berlaku di Indonesia, membuat kesempatan para calon yang memiliki modal finansial lebih besar.
Anggota MPR dari Fraksi PKB, Mohammad Toha,  mengatakan, sebelum UUD Tahun 1945 diamandemen,
Selengkapnya di www.mpr.go.id